Sunday, October 5, 2008

Mobii dan Morange, Aplikasi Chatting Mobile


Pernah chatting ga? Mungkin ada yang udah pernah. Ada juga yang belum pernah. Nah di sini saya akan memperkenalkan sebuah aplikasi chatting yang sering aku pake. Namanya Mobii. Ada satu lagi sih yang mirip betul dengan Mobii. Namanya Morange. Tapi saya menyarankan pake Mobii aja. Karena masa VIP nya itu sampe 10 tahun. Lama kan? Tapi ada kelemahannya, kita tidak bisa mengganti nick name kita. Mungkin itulah yag kualami. Gak tau yang lain bias diganti nicknya atau engga. Padahal isi kedua aplikasi itu sama aja. Ga ada bedanya. Nah, apa saja fasilitas yang terdapat dalam Mobii dan Morange ini, kita akan bahas di sini.

Mobii dan Morange adalah aplikasi java khususnya untuk chatting keluaran vendor MOZAT. Sifatnya gratis. Tapi ada kita bisa juga membayar agar menikmati fasilitas premium. Tapi kalo ga penting-penting amat, versi yang gratis juga cukup bagus. Fasilitas yang disediakan antara lain, layanan chatting dengan komunitasnya, disini kita bisa mencari teman baru yang berasal dari komunitas morange itu sendiri, trus chatting dengan menggunakan Yahoo Messenger, AOL, ICQ, GTalk, dan MSN. Trus ada layanan email yang mendukung POP3 dan IMAP. Ada layanan RSS Reader untuk menerima berita baru dari seluruh dunia, daftar kontak yang bisa kita impor dari hp kita atau yang kita tambahkan ke dalam kontak kita, browser (yang ini masih benar-benar baru, masih kalah sama opera mini mobile), calendar untuk menyimpan jadwal kita, file storage di servernya sebanyak 50 MB. Untuk yang file storage, biasanya kita hanya bisa mengupload foto-foto saja. File yang ada dalam file storage ini bisa dilampirkan bersama email saat pengiriman. Trus biasanya file storage ini digunakan untuk menyimpan attachment yang datang bersama dengan email yang masuk ke kita. Kita bisa mendownloadnya langsung jika kita mau. Ada lagi fasilitas MoTalk. Dengan fasilitas ini, kita bisa menelpon dan mengirim sms dengan biaya murah, tapi untuk versi yang gratis kita mesti membayar untuk bisa menggunakan fasilitas ini. Fasilitas Task juga ada. Fasilitas ini digunakan untuk menyimpan tugas-tugas kita. Kita bisa mengatur kapan tugas tersebut mulai dilaksanakan, dan sampai kapan berakhir.

Itu tadi sedikit review mengenai aplikasi chatting Mobii dan Morange. Kalo menurutku sendiri, aplikasi ini sudah cukup lengkap. Sangat sedikit aplikasi gratis yang selengkap ini yang bisa dijumpai di internet.

Untuk bisa memakai Mobii, kita bisa mendownloadnya dari http://www.mobii.cc
Atau kalo ga bisa downloadnya dari sini aja (Mobii v 3.4.0)
Atau Morange versi 3.4 dapat didownload dari sini.

Edit and print this page

No comments: