Sunday, October 5, 2008

Derajat dalam Jam



Baiklah…mungkin ini akan menjadi artikel yang membosankan. Karena saya adalah penggemar matematika, maka kali ini saya akan menulis sebuah artikel dengan dasar matematika. Kalau anda penggemar matematika juga, saya tantang anda unutk membaca artikel ini. Kalau ada yang ga suka, mending ga usah dibaca deh… daripada ntar nyesel ga tau dan tambah pusing. Hehehehe…

Pernah liat jam dinding kan?? Keterlaluan kalo di rumah ga ada jam dinding. Hehehe. Nah, jam dinding itu bentuknya macam-macam. Ada yang berbentuk lingkaran, ada yang persegi, ada yang segitiga, malah ada yang ga berbentuk (waduh..gmana ya ngebayangin jam yang ga ada bentukny..jam setan kalee. wkwkwk). Kalau kita perhatikan, secara umun jam itu mempunyai 12 angka dengan angka 12 di atas, angka 3 di kanan, angka 6 di bawah, dan angka 9 di sebelah kiri masing-masing sisi jam (yang ini kita memakai jam yang model beginian, soalnya ada juga jam yang tidak memakai 12 angka, namun 24 angka). Lalu apa hubungannya? Nah, disini marilah kita mulai berpusing-pusing..:)


Sekarang mari kita membuat pengandaian bahwa jam tesebut mempunyai 2 buah jarum yaitu jarum untuk menit (selanjutnya saya akan menyebutnya jarum panjang) dan jarum untuk menunjukkan pukul (selanjutnya saya akan menyebutnya jarum pendek). Jarum yang menunjukkan detik kita abaikan saja. Perhatikan kata-kata berikut dengan seksama. Jika setiap menit, jarum menit akan bergerak, maka jarum yang menunjukkan pukul juga akan bergerak. Baiklah kalo masih bingung saya akan memisalkan begini. Kita berada pada pukul 10.00. Setelah 1 menit, maka jarum akan menunjukkan pukul 10.01 yang artinya jarum menit bergerak sebanyak 1 menit. Btul ga? Selain jarum menit, ternyata jarum jam juga bergerak walaupun tidak begitu tampak perbedaannya. Sekarang pertanyaan nya adalah, jika waktu menunjukkan pukul 15.34, maka berapa derajat kah sudut terkecil yang dibentuk oleh kedua jarum tersebut?? Bingung kan? Sebenarnya sih engga.. nanti akan kita jawab bersama-sama.

Kalo saya mengajukan pertanyaan begini. Jika waktu menunjukkan pukul 14.00. berapa derajat kah sudut yang dibentuk kedua jarum jam? Mungkin ada yang langsung menjawab “60 derajat mas”. Yap betul. Sebuah lingkaran jam (dan semua lingkaran) memiliki sudut total 360 ͦ. Sedangkan pada jam terdapat 12 angka. Yang artinya setiap angka yang satu dengan angka yang lainnya memiliki perbedaan sudut 30ͦ. Jadi kalau jam menunjukkan pukul 14.00 maka otomatis ada perbedaan 2 angka yang dibentuk oleh jarum jam yang artinya 2x30ͦ=60ͦ. Nah permasalahannya adalah, kasus saya tadi sudah melibatkan menit, artinya jika setiap menit berjalan, kita tidak hanya menghitung derajat jarum menit saja tapi derajat jarum jam nya juga dihitung. Supaya jangan tambah pusing saya akan kasih solusinya.

Setiap 1 jam, maka jarum panjang akan bergerak 360 derajat (1 putaran penuh). Nah 1 jam itu terdiri dari 60 menit. 60 menit akan ditempuh sejauh 360ͦ . ini berarti setiap 1 menit, jarum panjang akan bergerak sejauh 6ͦ yang berasal dari pembagian 360 dan 60. Itu untuk jarum panjang.
Untuk jarum pendek, kita bisa melihat bahwa setiap 1 jam (atau 60 menit), jarum pendek akan bergerak 30ͦ, artinya, setiap 1 menit maka jarum panjang akan bergerak sejauh ½ͦ yang tak lain adalah pembagian 30 dan 60. itu tadi adalah dasar-dasarnya. Dengan demikian kita bisa mengerjakan soal yang tadi kita ajukan.

Pukul 15.34. yang pertama kita lakukan adalah mengerjakan menitnya terlebih dahulu. Jika jarum panjang telah bergerak sejauh 34 menit, maka sudut yang telah ditempuh adalah 34x6ͦ=204ͦ. 204 derajat adalah sudut dihitung dari menit 00 yaitu angka 12 tepat sampai menit 34. sekarang kita akan menghitung jarum pendek. Jika menit telah berjalan 34 menit, maka jarum pendek akan bergerak sejauh ½ͦ x 34 =17 ͦ . nah sekarang sudah mulai jelas kan. Untuk mencari hasilnya, kita tinggal mengurangkan 17 dengan 204  204ͦ-17ͦ=287ͦ

Tadaaaa….. akhirnya ketemu juga jawabannya. Walapun banyak juga mungkin yang rada-rada bingung. Hehehe..

Intinya, ga usah takut dengan matematika, karena sebenarnya matematika itu menggunakan logika aja. ……

Edit and print this page

No comments: