Wednesday, January 21, 2009

Membuat Kalender dengan C++


Liburan tahun baru kemaren, saya ga pulang ke rumah di sibolga karena disuruh orang tua ga usah pulang (hehehe... ngaco). Nah, daripada ga ada kerjaan, mending buat program yang bermanfaat. Rencana nya saya akan membuat program kalender dengan C++.
Algoritmanya sudah dipikir-pikir sejak awal.
Walaupun pelajaran Pengembangan Teknologi Informasi (dominan pelajaran c++) telah berakhir di kampus, ya moga aja saya tetap bisa melanjutkan pelajaran ini. Hehehe. Algoritmanya saya temukan setelah membeli sebuah buku yang berisi source kode kalender, dan ternyata algoritmanya masuk akal juga, pikirku. Emang sih, sejak dari SMA, saya sendiri kadang bingung, cara buat kelender itu gimana ya? Nah, kesempatan ini datang begitu saja, dan dengan penuh semangat, saya mulai mengetikkan baris-baris kode yang saya sudah tau alurnya stelah membaca buku tersebut. Setelah cek sana dan sini akhirnya kalender berhasil dikompile,dan cara kerjanya masih sederhana. Masukkan bulan dalam angka, setelah itu tahun, lalu kita akan dibawa pada tampilan kalender bulan yang telah kita masukkan. Tekan sembarang tombol dan program akan berakhir. Program yang masih sangat sederhana.
Nah, kemudian saya berpikir, apakah mungkin program ini bisa dibuat lebih bagus lagi? Daripada bertanya dan berpikir, mending dicoba aja.

Yang tersirat di kepalaku saat itu adalah membuat kalender, yang ketika program nya dijalankan, maka akan langsung menampilkan waktu bulan dalam computer tersebut, dalam table. Namun stelah saya coba, tampilannya hanya bagus pada bulan itu saja, ketika dicoba ke bulan yang lain, maka tampilannya akan sangat jelek. Ini disebabkan karena tampilannya memakai tabel. Nah, stelah mengerjakan program tadi, akhirnya kepala mulai jenuh, stress karena tampilannya ga bagus.
Keesokan harinya, saya lalu berpikir, bagaimana kalau tidak menggunakan table saja, mungkin tidak sebagus kalau memakai table, tapi akan lebih mudah dalam pembuatannya. Stelah menyusun ulang kode yang sempat terbengkalai, akhirnya program kalender selesai juga. Ada rasa puas tersendiri yang bisa kudapatkan ketika pekerjaan ku selesai.
Cara kerja program nya sederhana, begitu programnya dibuka, maka program akan menampilkan kalender bulan itu juga (tepatnya akan menyesuaikan dengan bulan pada computer). Kita bisa berpindah ke bulan sebelumnya, bulan setelahnya, tahun sebelumnya dan tahun sesudahnya hanya dengan menekan tombol khusus pada keyboard (saya menggunakan tombol H,U,J, dan K). atau kita bisa juga berpindah pada bulan dan tahun yang kita inginkan. Program ini bisa mengakses tanggal dari tanggal 1 januari 1900 sampai dengan beberapa ratus tahun ke depan.
Bagaimana algoritma kalendernya? Kita cukup mengetahui tanggal 1 januari adalah hari Minggu. Nah tahun yang bisa kita jadikan contoh adalah 1 January 1900, tepat pada hari Minggu. Mulai dari sini, kita menghitung jumlah hari sampai pada bulan ini dikurang 1. Misal bulan ini adalah bulan 6 tahun 2010, kita harus menghitung berapa banyak jumlah hari dari tahun 1900 sampai tahun 2009, kemudian tambahkan dengan jumlah hari pada bulan-bulan sebelumnya di tahun 2010 (tepatnya dari bulan January sampai May. Dengan demikian kita memperoleh jumlah hari total. Nah jika total ini dibagi dengan 7 (modulus 7) akan menghasilkan sisa antara 0-6, inilah yang akan menjadi akses dalam menentukan hari apa pada tanggal tersebut. Misal sisanya adalah 1, maka itu adalah hari Minggu. Kita akan lihat contoh sederhananya. Misal tanggal 5 January 1900, dari tanggal 1 january 1900-5 January 1900, kita mempunyai total hari sebanyak 5 hari. Jika dibagi 7 akan menghasilkan sisa 5, berarti tanggal 5 January adalah hari Kamis. Kita akan coba lihat hari apa tanggal 16 maret 1900. Mulai dari bulan January sampai February terdapat 59 hari (30+29, 1900 adalah kabisat), dan hingga pada tanggal 16 maret maka akan terdapat 76 hari (59+16). 76 jika dibagi 7 akan menghasilkan sisa 6, maka tanggal 16 maret 1900 adalah hari Jumat. Nah begitulah cara kerjanya.
Nah, kalau ada yang mau donlod source kode nya, bisa download dari sini.
Program ini di compile menggunakan turbo c++ versi 1.01, kalau belum punya, buka halaman ini untuk mendownload dan melihat cara memakai turbo c++.

Edit and print this page

1 comment:

Kresna Galuh said...

Makasih ya mas. Ana lagi belajar c++ nih. Kebetulan ana ada tugas. Ana jadiin program yang mas buat referensi tugas ana. Sekali lagi makasih ya mas.

Kalo mo sharing sama ana.
silakan kunjungi blog ana di www.retsuyazhie.co.cc