Wednesday, January 21, 2009

Download Turbo C++ versi 1.0


Blog ini memiliki beberapa source code yang dicompile memakai Turbo c++ versi 1.01.
nah, untuk mempermudah peng-compile-an, saya akan memberikan turbo c++ versi 1.0.
Turbo c++ merupakan software yang bisa kita gunakan untuk membuat program dengan bahasa c++ dan bahasa C. Turbo c++ dilengkapi IDE (Integrated Development Environment) dimana kita bisa mengedit source code program kita secara langsung sekaligus bisa menjalankan programnya setelah kita menyelesaikan code nya.
Saya pernah berniat memakai turbo c++ versi 3.0, namun ketika dicoba, laptop saya malah jadi hang. Ga tau yang salah dimananya, laptop saya yang salah atau turbo c++ nya yang lagi error.


Untuk menginstallnya, pertama-tama, ekstrak terlebih dahulu turbo c++ nya ke dalam sebuah folder.
Setelah itu, buka file yang bernama "install.exe". Nah, anda akan dihadapkan pada tampilan seperti di bawah ini.



tekan ENTER, lalu pilih drive computer tempat anda mengekstrak turbo c++ tadi, misal di E, atau C. Lalu tekan ENTER lagi. Nanti programnya akan mendeteksi secara otomatis di folder mana file-filenya tadi diekstrak.



Nah, lalu anda sekarang akan dihadapakan pada penempatan folder tempat kita akan menginstallnya. Nanti secara otomatis, path folder tempat menginstallnya akan memiliki drive yang sama dengan drive sumber file-file instalasi.
Misal, sumbernya berada pada drive E:\ maka nanti drive tempat kita kan menginstallnya disarankan pada E:\ tepatnya pada folder E:\TC.
Kita bisa mengganti path dan drive nya, tapi disarankan agar berada pada drive yang sama, dan langsung pada root nya.
Setelah selesai, maka pilih Start Instalation



Nah, kita telah berhasil menginstall turbo c++, dan bisa digunakan. Untuk menggunakan nya, buka folder tempat kita menginstall nya tadi. Misal E:\TC, atau C:\TC, lalu buka folder BIN, sekarang kita berada pada folder misalkan E:\TC\BIN.
Lalu buka file yang bernama TC.exe. Di sini, kita bisa menulis source code secara langsung dan mengcompile nya. jika anda memiliki editor favorit, anda bisa mengeditnya bukan pada turbo c++.

Untuk mengcompile source code menjadi program, pilih menu COMPILE lalu pilih Make EXE File. Dan untuk menjalankan program, pilih menu RUN, lalu pilih Run kembali (atau tekan Ctrl+F9).

Klik disini untuk mendownload.

Edit and print this page

No comments: